Searching...

Popular Posts

Wednesday, December 10, 2014

CERITA Komputer Mati Mendadak Dan Solusi nya

Wednesday, December 10, 2014


Mat Siank sob,
Siang ini saya lagi gada kerjaan banget,Sekarang Saya mau sedikit cerita ajha lah dari pada bengong.

Cerita nya saya kemaren nyalain komputer.dengan suasana hujan rintik-rintik.
Dan betapa kaget nya tiba-tiba komputer jadul saya tiba-tiba mati mendadak lalu hidup sendiri ( RESTART )
lalu mati lagi sampai 3x Restart berturut-turut.

Lalu saya berfikir kenapa nih Pc bisa kaya begini.
Lalu dalam keada'an PC mau Booting Saya ambil obeng lalu saya pukul tuh kesing CPU nya
Eh dia Malah dia hidup normal sampe saya bisa jalanin beberapa Aplikasi di PC saya.

Lalu saya test membuka Aplikasi Aimp ( PEMUTAR MUSIK ) eh tiba-tiba Mati lagi lalu hidup mati lalu hidup terus seperti itu,Hingga beberapa kali.

Akhir nya dengan perasaan aneh saya ambil lagi tuh obeng saya pukul-pukul dengan iseng nya dengan harapan bisa booting kaya waktu pertama saya pukul,eh malah sekarang gak bisa booting sama sekali.terus menerus restart.
Dalam hati kalau sering-sering kaya gini,mati mendadak saat PC nyala Lalu di tambah Restart yang gada ujung'y,Bisa-bisa Hardisk Saya yang jadi korban.

Akhir nya saya putus kan untuk membuka jeroan yang ada di dalam CPU tersebut.
Pertama saya buka baud pake obeng,ya iyalah masa pake golok hehe
setelah semua di buka,dengan CPU telanjang bulat sampe-sampe semua aurat nya keliatan sama saya.hehe

Lalu saya liat ke kiri dan kanan tapi gada pohon cemara ya,hehe yang ada cuma kabel dll.

Dengan sedikit ilmu yang ada di tanbah status hanya lulus SD,Akhir nya saya putuskan untuk membuka PSU
( POWER SUPLAY )
Dengan harapan MUDAH-MUDAHAN Gada yang Rusak,Maklum lagi Boke bray
Saya buka tuh PSU dan saya cek Tegangan Output nya.
Tapi ko normal ya.
Mungkin Dalam Hati Dia normal juga karna gada beban kali...
Lalu saya tinggal dulu tuh PSU,Sekarang saya melirik ke Ram,
Ram saya cabut,lalu saya bersihkan dengan sepenuh jiwa dan raga.sambil bicara dalam hati.mudah-mudahan gada yang rusak hehe
lalu saya pasang lagi.
dan PSU pun saya pasang lagi.

Akhir nya dengan perasaan yakin bahwa ni PC bisa normal lagi.Saya nyalakan tuh CPU
Dan Pc pun nyala,Setelah Process booting eh tiba-tiba mati lagi..

Waduh Padahal semalem baik-baik ajha ( Dalam Hati )
Lalu saya tinggal sebentar dengan maksud mau nyedu kopi,
Pas di ruangan tengah liat ade saya lagi nyetrika,lalu Saya liat  Tv dua-dua nya lagi di nyalain .

Dalam hati lagi bicara, Apa gara-gara ini kali ya komputer saya jadi AYAN. mati hidup mati hidup.

Setelah saya beres nyedu kopi saya tanya sama ade saya,nyetrika nya masih banyak ?
satu lagi Jawab ade saya.Pas di liat dia mau nyetrika (.....) kasih tau gak yuaaaaa hehe
Selang beberapa menit akhir nya beres juga yang nyetrika.dan saya matikan Tv di rumah saya ( yang satu jalur colokan nya dengan colokan PC ) Lalu saya nyalakan.

Apa yang terjadi ? komputer pun Booting ( Nyala ) dengan lincah nya tanpa restart lagi.

                         SECARA ILMUAN PC BISA MATI MENDADAK DI SEBABKAN

1. Overheating / Temperatur yang tinggi

Tingginya temperatur pada proccessor dapat menyebabkan komputer mati secara tiba-tiba. Ini dimaksudkan untuk melindungi komponen-komponen komputer agar tidak terbakar oleh suhu yang tinggi sehingga dapat menghindari kerusakan komponen yang lebih parah.

Langkah perawatannya adalah :
Lakukan perawatan  pendingin komputer (Heatsink) anda secara teratur, bersihkan debu-debu yang menempel serta ganti thermal-pasta dengan yang baru bila sudah kering.

2. PSU atau Power Supply yang bermasalah

Tidak stabilnya voltase yang dihasilkan oleh power supply  Atau PSU dapat memicu komputer untuk restart atau bahkan mati dengan sendirinya. 
karena pada saat restart sebenarnya PC menunggu agar voltase yang dihasilkan oleh PSU ini menjadi stabil terlebih dahulu dengan cara membaca sinyal PG yang ada pada PSU, sehingga aman untuk komponen-komponennya. Namun, lain ceritanya bila PSU anda memang bermasalah maka PC akan restart secara berulang-ulang atau mati dengan sendirinya.
Maka dari itu, belilah Power Supply yang memang benar-benar bagus dari segi spesifikasi dan harga. Beberapa brand yang dikenal memproduksi PSU dengan kualitas yang baik dan dijual di indonesia diantaranya adalah Seasonic, Xigmatec, Corsair, Thermaltake, SilverStone, Amacrox, Super Flower, Rosewill dsb.

Hati hati dengan PSU yang asal jadi (abal-abal) !
karena biasanya pada PSU ini tidak disertakan sensor voltase (sensor PG) sehingga berapapun voltase yang di hasilkan PSU ini akan mengeluarkan sinyal PG palsu sehingga komputer akan berfikir bahwa voltase yang dihasilkan oleh PSU sudah stabil (padahal kenyataanya lain). Hali ini akan menyebabkan komponen komputer anda seperti mainboard, hard-disk, graphic-card dan lainya cepat rusak atau bahkan terbakar.

3. Rusaknya Memory / RAM

Memory adalah sebuah perangkat penting, tanpa memory maka mustahil komputer bisa digunakan (kecuali memang ada penemuan teknologi terbaru setelah artikel ini ditulis). Gejala yang sering timbul disebabkan oleh memory yang bermasalah ini biasanya adalah komputer sering mengalami kegagalan sistem dan crash, restart dan mati secara tiba-tiba.

Untuk mengetahui apakah memory bermasalah kita bisa menggunakan tools memori diagnostik seperti Memory Diagnostics Tools yang terdapat pada Windows atau Memtest pada untuk Linux dan Mac. Bila memang terdapat indikasi masalah sebaiknya ganti memory anda dengan yang baru.


Nah Mungkin kerusakan PC saya kemarrin di karnakan point No 2 di atas.

Dan sekarang saya pun bisa posting dan menjelajah di dunia maya lagi.
selamat siang dan sampai jumpa